Selasa, 08 November 2016

Regangan Ruang Struktur Molekul Organik

Regangan Ruang Struktur Molekul Organik


Regangan ruang adalah besarnya regangan pada struktur senyawa kimia berbentuk siklik untuk menunjukkan seberapa besarnya regangan ruang dari cicin siklik tersebut. Dimana tabel data mengenai regangan ruang dapat dilihat pada tabel berikut :
“teori regangan Baeyer” (Baeyer’s strain theory). Menurut teori ini, senyawa siklik seperti halnya sikloalkana membentuk cincin datar. Bila sudut-sudut ikatan dalam senyawa siklik menyimpang dari sudut ikatan tetrahedral (109,50) maka molekulnya mengalami Regangan.

Sikloalkana

Makin besar penyimpangannya terhadap sudut ikatan tetrahedral, molekulnya makin regang, dan berakibat molekul tersebut makin reaktif.

Sikloalkana memiliki kereaktifan yang sangat mirip dengan alkana, kecuali untuk sikloalkana yang sangat kecil – khususnya siklopropana.


Siklopropana

Besarnya harga regangan pada siklopropana tersebut disebabkan oleh adanya regangan sudut dan regangan sterik. Makin besar penyimpangannya dari sudut tetrahedral, makin besar pula regangan sudutnya.


Cincin Regangan di Sikloalkana

Sudut ikatan CCC di siklopropana (60 o) yang jauh berbeda dari sudut ikatan ideal 109,5 o . Sudut ikatan ini menyebabkan siklopropana memiliki strain cincin yang tinggi. Molekul seperti sikloheksana dan siklopentana, akan memiliki regangan cincin jauh lebih rendah karena sudut ikatan antara karbon lebih dekat ke 109,5 o.



Konformasi Sikloalkana

Dalam usaha mengurangi regangan agar diperoleh kestabilan, molekul sikloalkana mengalami konformasi.

Konformasi Sikloheksana

Salah satu dari konformasi pada sikloheksana dinamakan konformasi kursi, yang ditandai oleh adanya dua macam orientasi ikatan C-H, yaitu enam buah ikatan C-H aksial dan enam buah ikatan C-H ekuatorial. 

DAFTAR PUSTAKA


10 komentar:

  1. terimakasih atas materi yang diberikan. Bagaimana mengenai regangan ruang pada molekul non-siklik. Mohon berikan penjelasannya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya.
      mengenai regangan ruang pada molekul non-siklik, Dalam suatu molekul rantai terbuka, atom-atomnya memiliki peluang tak terhingga jumlah penataan/posisinya di dalam suatu ruang untuk mencapai kestabilan dengan menyamai sudut ikatan tetrahedral. Gugus-gugus fungsi yang terikat pada ikatan karbon-karbon dalam senyawa alkana dapat berotasi dengan bebas mengelilingi ikatan tersebut. Oleh karena itu atom-atom dalam suatu senyawa rantai terbuka dapat memiliki posisi yang tak terhingga banyaknya di dalam ruang relatif satu terhadap yang lain.

      Hapus
  2. Terima kasih atas pemaparannya,saya mau tanya besarnya harga regangan pada siklopropana disebabkan oleh apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah, terima kasih atas pertanyaannya.
      Besarnya harga regangan pada siklopropana disebabkan oleh adanya regangan sudut dan regangan sterik. Makin besar penyimpangannya dari sudut tetrahedral, makin besar pula regangan sudutnya.

      Hapus
  3. assalamualaikum , saya ingin bertanya mengapa regangan ruang berhubungan dengan konformasi molekul organik ? mohon dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas pertanyaannya, regangan ruang berhubungan dengan konformasi molekul organik karena jika konformasi molekul berbeda, maka regangan juga akan berbeda. pada sikloalkana, konformasi kursi merupakan konformasi sebenarnya, jadi dapat terlihat molekul yang berikatan dengan C siklik dan bagaimana regangannya terbentuk

      Hapus
  4. Terima kasih materinya sangat bermanfaat, saya ingin bertanya bagaimana kestabilan dan kereaktifan siklopropana, sikloheksana dan sikloalkana, manakah yang lebih stabil dan reaktif, mohon penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas informasi nya, lebih baik jika di tambahkan materi mengenai regangan senyawa asiklik, saran

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas materinya sangat bermanfaat sekali. Mau tanya apakah pada senyawa siklik juga dapat terjadi regangan? Terimakasih

    BalasHapus
  7. Nice post, man.
    Ah, sebenarnya, apa yang mendasari terjadinya regangan ruang?
    Terima kasih.

    BalasHapus